RELAWAN GUNUNG MERAPI PERINGATAN HARI PAHLAWAN The Real Hero Today

FOTO RELAWAN MERAPI PAHLAWAN INDONESIA - Relawan Gunung Merapi Peringatan Hari Pahlawan The Real Hero Today. Para pengungsi Merapi di posko Maguwoharjo tidak banyak yang ingat bahwa hari ini adalah Hari Pahlawan. Namun jika ditanya siapa pahlawan bagi mereka, tanpa pikir panjang mereka menjawab: relawan! Lihat Berita Merapi Terkini Gempa Tremor Gunung Merapi Terbaru Awas Panas Merapi Masih Menyembur dan Peta Bencana Gunung Merapi Terbaru Badan Geologi Peta Siklus Letusan Merapi.

Suripto, pengungsi yang berasal dari Dusun Salam, Wukirsari, Cangkringan mengaku sama sekali tidak tahu kalau hari Rabu (10/11/2010) ini merupakan Hari Pahlawan. Sebabnya, situasi di pengungsian membuatnya jarang mengetahui hal-hal di luar sana.

Namun selain pahlawan kemerdekaan ada figur lain yang terus dikenang Suripto terkait dengan aksi kepahlawanan. Pria berusia 62 tahun ini mengaku berhutang budi kepada para relawan Merapi yang membantunya menyemalatkan diri kala gunung teraktif di Indonesia tersebut meletus dashyat pada Jumat (5/11) silam.

Dikisahkannya, kala itu dia sedang berada dalam situasi panik yang luar biasa lantaran mendengar kabar dusun di sebelah timur Salam telah diterjang luapan lahar dari Sungai Gendol. Saat itu ia dibantu oleh para relawan mencari jalan ke tempat evakuasi paling dekat.

"Mbengi niku peteng ndedet. Kulo bingung. Untunge enten relawan ingkang mbantu (Malam itu gelap gulita. Saya bingung. Namun untungnya ada relawan yang membantu," ujarnya dalam perbincangan detikcom di Stadion Maguwoharjo.

Namun Suripto tidak ingat relawan-relawan dari pihak mana yang membantunya mencari jalan. "Sing jelas do nganggo rompi (yang jelas mereka memakai rompi)," kenangnya.

Pengalaman serupa juga dirasakan oleh Subandi. Warga dusun Bulaksaksalak, Wukirsari, ini mengaku tertolong dengan kesigapan relawan yang menyediakan truk tak jauh dari desanya. Menurutnya, jika tidak dibantu menggunakan truk, bisa jadi ia turut terkena awan panas.

"Dusun saya itu sekitar 15 kilo dari puncak, tapi awan datang cuma lima menit. Cepet sekali itu. Untung ada relawan, kalau saya jalan sendiri pasti terkejar. Pahlawan itu ya mereka ini," ujarnya. detik.com

Gunung Merapi, Gunung Merapi Meletus 2010, Hari Pahlawan, Peringatan Hari Pahlawan, Relawan Merapi, Relawan Gunung Merapi, Relawan Gunung Merapi Pahlawan Indonesia, Makna Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember, Berita Terbaru Merapi, Bencana Alam Indonesia, Gempa Yogya, Video Youtube